Cara merawat baterai laptop

Bookmark and Share

Memang baterai sangat amat fital untuk laptop, Apalagi klo baterai udah gak bisa tahan lama, alias dah soak. Bawaannya emosi aja. Kerja kita gak bisa optimal, tertunda, terburu-buru. Gak asik deh, ya karna keterbatasan umur baterai itu sendiri. Makanya baterai musti dirawat supaya tetep optimal.

cara merawat baterai laptop - fedoce

Salah satu hal yang paling penting untuk cara merawat baterai laptop adalah waktu pertama kali pemakaian. Dengan cara, jangan mengunakan laptop sebelum baterai terisi sampai penuh dengan catatan baterai dalam kondisi baru dan akan diisi untuk pertama kalinya (masih perawan).

Untuk mendapatkan kinerja optimal yaitu seluruh sel baterai diaktifkan, maka dengan cara mengisi dan mengosongkan baterai 3 kali berturut–turut. Hal ini sangat penting karna akan berpengaruh untuk kinerja laptop selanjutnya.

Jangan mengisi ulang baterai lebih dari 8 jam. Mengisi ulang baterai terlalu lama dilaporkan beresiko menimbulkan ledakan.

Jika baterai sudah terisi penuh saat diisi ulang, maka pilih salah satu saja. Menggunakan daya listrik langsung tanpa baterai atau menggunakan dengan menggunakan baterai saja.

Pakailah charger pengisi ulang yang kompatibel dengan baterai Anda. Charger yang tidak kompatibel akan meningkatkan resiko Overheating.

Jangan meletakkan laptop di area yang panas, misal dibagasi mobil atau dibawah terik matahari.

CARA MEMPERPANJANG UMUR BATERAI

Jika anda banyak menghabikan waktu di depan laptop, mungkin Anda dihadapkan dengan masalah yang sangat menjengkelkan yaitu umur baterai yang pendek. Bahkan laptop Anda seringkali mati pada saat yang paling buruk.

Berikut ini cara-cara memperpanjang umur baterai.

  • Pastikan memilih Max Power untuk menghemat tenaga. Hardware laptop akan bekerja maksimal dan hal ini akan menghemat tenaga sehinggga penggunaan baterai awet.
  • Redupkan layar laptop anda, karna layar laptop merupakan konsumsi tenaga paling besar setelah harddisk.
  • Setting Hibernation jangan Stanby. Karna Hibernation membuat pemakaian energy menjadi nol tidak seperti Stanby yang masih mengurangi energy.
  • Lepas atau matikan USB saat tidak digunakan.
  • Isi penuh baterai laptop sampai penuh 100%. Jika baterai sudah habis segeralah isi ulang baterai, jangan menunggu sampai baterai kosong dan laptop mati, karna hal ini akan membuat kapasitas baterai tidak optimal.
  • Bersihkan metal (tembaaga kuning) pada kontak baterai dengan laptop. Karna kotoran dapat menghambat transfer tenaga sehingga mengurangi umur baterai Anda. Bersihkan dengan kain halus dan akhohol.
  • Letakan laptop ditempat sejuk agar laptop beroperasi lebih efesien.
  • Hidari laptop dari suhu yang ekstrim terlalu dingin atau panas. Sebagai contoh jangan kenakan laptop pada cahaya langsung matahari.

Kita dapat menghemat baterai dengan cara menjalankan sedikit program saja. Pasalnya semakin banyak kita menjalankan program maka prosesor dan hardisk akan berkerja lebih dengan demikian konsumsi baterai akan meningkat. Maka sebaiknya program yang tidak diperlukan agar ditutup saja. Sekian saja yang dapat fedoce sampaikan tentang cara merawat baterai laptop.